Thursday, July 9, 2009

UPZ Pakistan Lantik Pengurus Baru

Islamabad: Setelah UPZ Pakistan berjalan secara resmi selama dua tahun akhirnya regenerasi pun menjadi keniscayaan. Hendri Tanjung, S.Si, M.M., Ketua UPZ saat ini, dengan segenap pengurus baru akan menjalankan roda badan sosial tersebut setelah masa kepengurusan yang lama berakhir. Sesuai SK yang ditandatangani langsung oleh Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Prof. Dr. Didin Hafiduddin, kepengurusan Hendri untuk periode 2008-2010.

Dalam perjalanannya, kontribusi UPZ Pakistan telah membantu dalam menjalankan fungsinya sebagai badan zakat, infaq-sadaqah kepada pihak yang membutuhkan. Selain program distribusi zakat kepada masayarakat seperti orang sakit, korban gempa dan santunan biaya sakit dan beasiswa kepada mahasiswa yang kurang mampu, UPZ Pakistan juga selalu mengupayakan adanya sosialisasi mengenai kesadaran berzakat, berinfak dan bersedekah. Dengan adanya kesadaran dalam berzakat, seseorang akan terlatih menjadi insan yang mandiri dan berkeinginan untuk menjadi pemberi (muzakki).Zakat merupakan kewajiban agama yang menjadi salah satu program paling efektif dalam mengentaskan kemiskinan dan kefakiran manusia.

Pelantikan pengurus UPZ diadakan di gedung Aula Budaya Nusantara KBRI Islamabad bersamaan dengan acara buka bersama yang diadakan pada hari Jumat, 12-9-2008. Format acara pelantikan UPZ dibuat dengan sederhana namun cukup memberi manfaat bagi para pesertanya, yaitu dengan format sarasehan yang menghadirkan petinggi UPZ lama, Bpk Hendri Tanjung sendiri dan Sdr. Evi Hanafiah, untuk berbincang-bincang mengenai kegiatan dan perjalanan UPZ pada periode sebelumnya.

Setelah paparan mengenai UPZ periode lama yang membahas distribusi zakat sekaligus kendala yang ada, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh para audien, baik dari kalangan pegawai KBRI, mahasiswa dan masyarakat lain secara umum. Di akhir acara, doa bersama yang dipimpin M. Niam Sutaman, LLM dilantunkan yang sekaligus bertepatan dengan waktu berbuka puasa di Islamabad, Pakistan.

0 comments:

Post a Comment