Thursday, July 9, 2009

LAUNCHING KELUARGA CINTA ZAKAT PANASONIC GOBEL INDONESIA

Berita Baznas

Jakarta, 30 Juni 2009. Kesadaran akan pentingnya sosialisasi zakat dan pembudayaannya dalam kehidupan sehari-hari telah menggerakkan Panasonic Gobel Indonesia untuk meluncurkan gerakan keluarga cinta zakat di lingkungan keluarga besar Panasonic Gobel Indonesia pada Kamis (25/6) di kantor pusat Matsushita Gobel Foundation Jakarta. Diresmikan oleh Abdullah Gobel, pimpinan Panasonic Gobel Group, serta disaksikan oleh Ketua UPZ Panasonic Gobel, Achmad Daniri serta Naharus Surur dan Muzaffar Daud mewakili pengurus Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). Panasonic Gobel sebelumnya sudah melakukan kerjasama dengan Baznas yakni melalui Unit Pelayanan Zakat (UPZ) Matsushita Gobel Foundation sejak Mei 2008.

Menurut Muzaffar Daud, anggota badan pelaksana Baznas, peluncuran ini dilakukan sebagai upaya bersama antara para karyawan dan keluarga Panasonic Gobel Indonesia dengan Baznas untuk mengoptimalkan peran UPZ dalam penghimpunan dana zakat, infaq dan shadaqah (ZIS) di lingkungan Panasonic Gobel. ”Saya mengapresiasi positif upaya ini, semoga ke depan, penghimpunan dan pengelolaan zakat di lingkungan kerja Panasonic Gobel akan lebih berdayaguna,” harap Muzaffar. Dalam kesempatan tersebut, Naharus Surur, ketua bidang jaringan badan pelaksana Baznas juga menyampaikan presentasi tentang kewajiban penunaian zakat baik secara perseorangan maupun kelembagaan, seperti zakat perusahaan. Menurut Naharus, pembayaran zakat melalui Baznas dapat diperhitungkan sebagai nilai pengurang penghasilan kena pajak.


Komitmen Berzakat dengan Celengan

Achmad Daniri, selaku ketua UPZ Matsushita Gobel Foundation menyambut baik sinergi antara zakat dan pajak tersebut. ”Semoga dengan bekerjasama dengan Baznas dan mendapatkan kemudahan pengurangan nilai kena pajak, para muzakki di keluarga besar Panasonic Gobel akan semakin terpacu untuk meningkatkan pengumpulan dana ZIS, apalagi saat ini sudah mendekati bulan Ramadhan,” harapnya. Hal yang unik dalam acara tersebut, para undangan yang merupakan perwakilan dari anak-anak perusahaan Panasonic Gobel Group masing-masing mendapatkan celengan plastik yang harus diisi dengan dana zakat, infaq dan shadaqah. ”Di celengan palstik itu tertulis komitmen untuk kembali ke UPZ tanggal 28 Agustus 2009 yang sudah masuk bulan Ramadhan untuk berzakat, berinfaq dan bershadaqah,” jelas mantan Dirut BEJ ini sambil tersenyum. Acara yang dihadiri sekitar 80 orang ini juga diisi oleh tilawah Al-Quran dan ditutup dengan ramah tamah antar undangan.

Baznas membentuk UPZ di berbagai perusahaan yang bertujuan untuk mensinergikan pengelolaan ZIS di unit kerja perusahaan maupun isntansi pemerintah dengan standarisasi pengeloaan dan program-program Baznas. Pada beberapa UPZ yang tidak menyetor kepada Baznas, dana yang dihimpun akan dikelola dan didistribusikan oleh UPZ masing-masing sesuai kebijakan unit kerja mereka.

Semoga gerakan cinta zakat dapat ditiru oleh perusahaan-perusahaan lain dalam meningkatkan kesadaran umat Islam Indonesia, terutama untuk menghimpun dana ZIS mereka dan mendayagunakannya untuk kemaslahatan umat. Amiin. (ful)

1 comments:

Isyrokh Fuaidi said...

keep working!!

Post a Comment